Selasa, 07 Agustus 2012

Lima Gejala Kesehatan yang Tidak Boleh Disepelekan Wanita

Kehidupan yang sibuk dan menyeimbangkan karier dan keluarga sering membuat kita jarang memikirkan kesehatan. Tapi jika Anda mengacuhkan beberapa peringatan di bawah ini, ini saatnya untuk memeriksanya.

Oleh Kim Hookem-Smith | Yahoo Lifestyle

Dalam banyak kasus, lima gejala ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang sibuk, tapi kadang bisa menjadi tanda-tanda kondisi kesehatan yang serius, dan mengunjungi dokter itu lebih mudah dibandingkan harus menerima perawatan yang lebih rumit di masa depan.

Kelelahan ekstrem
        Merasa letih adalah efek samping yang umum dari gaya hidup modern, tapi keletihan kronis (LINK) bisa menjadi gejala banyak masalah kesehatan, beberapa bisa disembuhkan dengan mudah.
Jika tingkat energi Anda rendah selama dua pekan bisa berarti ada yang kurang dari makanan Anda, seperti zat besi (yang bisa menyebabkan anemia) atau hormon yang tidak seimbang. Masalah tiroid juga  bisa membuat Anda merasa capek dan bisa disembuhkan dengan obat-obatan. Di beberapa kasus, sering merasa kelelahan adalah  gejala penyakit yang lebih serius, seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, atau depresi, jadi jangan sepelekan gejala tersebut.

Bentuk tubuh — apel atau pir
        Meski ini bukan termasuk gejala, bentuk tubuh Anda bisa menjadi indikasi awal dari potensi masalah kesehatan jadi lebih baik menyadari bagian tubuh mana yang memiliki lebih berisi (bahkan jika Anda tidak mau mengakuinya kepada orang lain!). Jika tubuh Anda berbentuk apel dan memiliki lebih banyak lemak di perut, berarti secara statistik Anda lebih mungkin memiliki masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Jika pinggang Anda memiliki lebar lebih dari 80 cm, berhati-hatilah dengan gejala diabetes. Lebih dari 88 cm berarti risiko Anda lebih tinggi untuk mengalami diabetes dan penyakit jantung sekaligus.

Bentuk tubuh seperti pir mungkin tidak tampak seperti berkah tapi secara umum yang memiliki bokong dan paha besar tidak memiliki terlalu banyak risiko kesehatan.

Pendarahan meski tidak menstruasi
        Selain mengganggu dan mengkhawatirkan, berdarah ketika Anda tidak sedang mens bisa menandakan beberapa gejala masalah kesehatan. Bisa menjadi gejala beberapa kanker ginekologi tapi dapat juga dikaitkan dengan masalah kesehatan lain, yang tidak terlalu serius. Gejala itu bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, reaksi atas pil atau alat kontrasepsi lain, endometriosis, STD dan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Pendarahan meski tidak menstruasi atau setelah menopause harus diperiksa oleh dokter. Sakit di bagian itu juga pertanda ada sesuatu yang tidak beres, jadi periksalah ke dokter jika Anda mengalami sakit atau pendarahan saat atau setelah seks [LINK] juga bila mengalami pembengkakan atau sakit di panggul.

[Artikel terkait: Ovarian cancer - know the symptoms]

Perubahan di payudara
         Kesadaran akan kanker payudara sudah tinggi tapi masih banyak wanita yang tidak menyadari perubahan di payudara mereka. Anda harus mengetahui perubahan yang terjadi payudara setiap bulan dan berjaga-jaga dengan tanda-tanda peringatan — benjolan atau penebalan di kulit sekitar payudara atau ketiak, keluar cairan dari puting, kerutan atau kulit yang memerah dan perubahan bentuk payudara dan puting. Kanker payudara tidak selalu menyebabkan rasa sakit tapi setiap nyeri harus diperiksakan ke dokter. Masih banyak penyebab dari gejala-gejala ini jadi jangan takut pergi ke dokter untuk memeriksakannya.

Sakit di dada
        Serangan jantung, penyakit jantung dan stroke adalah pembunuh terbesar wanita di Inggris. Dan meski gejala klasik serangan jantung akan langsung membuat Anda menghubungi nomor darurat, masih banyak gejala masalah jantung yang Anda sepelekan dan anggap sebagai sesuatu yang lain. Gejala ini termasuk perasaan berat di dada, sesak atau menyakitkan dan juga nyeri dada ringan, yang rasanya bisa seperti gangguang pencernaan. Dua perlima wanita, khususnya yang masih muda, dilaporkan tidak merasakan sakit di dada sebelum mengalami sakit jantung, yang menjadi alasan penting untuk memeriksakan ketidaknyamanan untuk berjaga-jaga.

0 komentar:

mesin penghasil uang

sidra muntaha. Diberdayakan oleh Blogger.